Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Menjalani Bisnis Gorengan

 

11 Tips Menjalani Bisnis Gorengan

Di Indonesia ini, siapa yang tidak mengenal gorengan ? Berbagai jenis gorengan dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia.  Dengan harga yang terjangkau dan memiliki rasa yang enak menjadi keunggulan tersendiri. Hal ini  yang menyebabkan bisnis gorengan dapat menjadi peluang yang baik. Terdapat beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam menjalani bisnis gorengan agar sukses:

1. Ketahui Saingan dan Peluang Melalui Riset Pasar:

Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, sehingga kamu perlu melakukan riset mengenai jenis gorengan apa saja yang perlu disiapkan untuk menyesuaikan rasa disuatu daerah. Contohnya di daerah Jawa Tengah lebih menyukai makanan yang manis, maka perlu dihadirkan jenis gorengan seperti pisang goreng, molen, ubi manis, dll.

Identifikasi celah atau peluang dalam pasar, seperti kekurangan dan kelebihan dari sainganmu.

2. Lokasi yang Strategis Untuk Menjual:

Pilih lokasi yang strategis, seperti area yang sering dilalui orang atau dekat dengan sekolah, kantor, atau pasar. Pinggir jalan juga dapat menjadi lokasi yang tepat untuk berjualan gorengan. Pastikan bahwa dilokasi dapat dilalui kendaraan ringan.

3. Kualitas Bahan Baku:

Gunakan bahan baku yang berkualitas tinggi, segar, dan bersih. Cucilah semua bahan seperti sayur untuk menjaga kehigienisan makanan. Makanan yang bersih juga menjadi salah satu faktor pelanggan akan terus mendatangi tempatmu.

4. Peralatan yang Tepat:

Investasikan dalam peralatan yang diperlukan, seperti kompor, penggorengan, spatula, dan wadah penyimpanan. Usahakan alat yang digunakan merupakan barang yang berkualitas, walaupun harganya sedikit lebih mahal, tetapi kualitasnya bagus jauh lebih baik dibandingkan dengan harga yang murah namun kualitas yang kurang bagus.

Pastikan peralatan dalam kondisi baik dan rutin diperiksa setiap setelah digunakan.

5. Resep yang Berkualitas:

Inovasi resep gorengan yang lezat dan unik yang membedakan gorengan kamu dengan gorengan saingan kamu.

Beri perhatian khusus pada rasa dan tekstur yang dapat diterima oleh masyarakat.

6. Kebersihan dan Kualitas:

Jaga kebersihan bahan makanan, peralatan yang digunakan, dan lingkungan disekitar.

Pastikan produk yang kamu jual selalu segar dan berkualitas.

7. Harga yang Kompetitif:

Tetapkan harga yang bersaing dengan pasar sekitar, kalau bisa lebih murah dari saingan tanpa mengurangi kualitas

Pertimbangkan untuk menawarkan paket promo atau diskon untuk menarik pelanggan lebih banyak. Contohnya seperti beli 2 gratis 1, dll.

8. Pelayanan Pelanggan yang Baik:

Berikan pelayanan yang ramah dan responsif kepada pelanggan. Dengan berkomunikasi bersama pelanggan akan memberikan kesan positif terhadap pelanggan.

Dengarkan umpan balik pelanggan dan lakukan perbaikan jika diperlukan. Jangan pernah menolak kritik ataupun saran dari pelanggan, karena hal tersebut yang akan mengembangkan bisnismu yang lebih baik kedepannya.

9. Pertumbuhan dan Inovasi:

Pertimbangkan untuk menambahkan variasi atau inovasi yang belum pernah ada sebelumnya, contohnya seperti tahu isi mozzarella.

Pelajari tren terbaru dalam makanan gorengan dan terapkan jika cocok. Saat ini sebagian besar makanan menggunakan mozzarella sebagai pendamping makanan.

10. Manajemen Keuangan yang Bijak:

Selalu catat pengeluaran dan pendapatan bisnis kamu agar lebih cepat mengetahui apakah sedang mengalami keuntungan ataupun kerugian

11. Ketahanan dalam Bisnis:

Jangan cepat putus asa jika bisnis kamu menghadapi tantangan awal dalam menjalani bisnis gorengan.

Tetap fokus pada tujuan kamu dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Tidak perlu mendengan cacian dari luar ataupun hinaan, hilangkan semua gengsimu dalam menjalani pekerjaanmu, karena hidup ini yang menjalani hidupmu sendiri.

Kesimpulan

Gorengan menjadi makanan yang dikonsumsi masyarakat baik sebagai cemilan maupun sebagai pendamping makanan. Karena banyaknya minat masyarakat membuat para wirausahawan berminat untuk menjalani usaha gorengan ini, tentunya dengan strategi dalam penerapannya.


Posting Komentar untuk "11 Tips Menjalani Bisnis Gorengan"